News Update :
Home » , » Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya

Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya

Penulis : M.Irfan Rudiannoor on Minggu, 16 Oktober 2011 | 10/16/2011 04:41:00 PM

Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya


photo: centhini/indoplaces
Hanya dua monumen di Indonesia yang dikelola Pusjarah TNI (Pusat Sejarah TNI). Yang satu 'Monumen Seroja', untuk mengenang para pejuang yang terlibat proses integrasi Timor Timur ke Indonesia, 1976-1979. Monumen ini berada di kompleks Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta timur.

Monumen yang satu lagi adalah Monumen Pancasila Sakti. Siapapun tahu, monumen yang berada di Lubang Buaya, Jakarta Timur, ini dibangun untuk mengenang para pahlawan yang jadi korban kekejaman pemberontakan G30S/PKI.

Monumen yang berada di area seluas 14,3 hektar ini diresmikan Presiden Soeharto pada Agustus 1973, bertepatan dengan peringhati Hari Kesaktian Pancasila. Tiga tahun kemudian, berdasar Surat Keputusan Menpangad No. KEP.977/9/1996 tanggak 17 September 1966, setiap tahun dimulai tradisi memperingati Hari Peringatan Kesaktian Pancasila. Dan akhirnya, pada 1980, Pusjarah TNI, atau dulu Pusjarah ABRI, mendapat mandat menjadi pengelola Monumen Pancasila Sakti berdasarkan Kepres No. 51/1980.

Belakangan, karena PKI tak hanya beraksi di Jakarta dan Lubang Buaya, dirasa perlu pula untuk membangun 'monumen lain' untuk mengingatkan bangsa Indonesia pada aksi PKI di berbagai wilayah Indonesia. Atas prakarsa Kepala Pusjarah ABRI Brigjen TNI Prof. DR. Nugroho Notosusanto --dan disetujui oleh Menhankam/ Pangab Jendral TNI M Yusuf dan Presiden Soeharto-- akhirnya dibangunlah 'Museum Pengkhiantan PKI' di area monumen Lubang Buaya. Presiden Soeharto meresmikannya pada 1 Oktober 1992.




 
Monumen Pancasila Sakti
Jalan Raya Pondokgede
Kelurahan Lubang Buaya
Kecamatan Cipayung
Jakarta Timur

Tel: 021-8400423

Website: www.sejarahtni.mil.id


Selama SBY memerintah, sebenarnya ada tiga monumen terkait TNI yang pernah diresmikan. Tapi entah kenapa ketiganya tidak atau belum masuk ke daftar monumen yang dipelihara Pusjarah TNI. Yang satu adalah Monumen Jenderal Sudirman, yang berada di kampung halaman SBY; Pacitan. Dua lainnya, Monumen Trikora dan Monumen Dwikora, berada di samping Monumen Seroja, di area Mabes TNI Cilangkap.
Share this article :
Comments
0 Comments

Poskan Komentar

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongkan.

Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan). Jika komentar anda berupa pertanyaan, maka jika anda menggunakan opsi ini tidak akan ditanggapi.

NetworkedBlogs

Twitter

IRFAN FANS PAGE on Facebook

alexa

Followers

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. BLOG IRFAN . All Rights Reserved.
Template Edit by Blog Irfan| Powered by Blogger
This Loading Effect is Powered ByIrfan